BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Masalah
Saat ini banyak kita temukan buku-
buku yang bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita, tetapi minat
untuk membaca buku- buku tersebut sangatlah kurang. Dahulu jarang sekali ada
buku dan buku harganya sangat mahal, tetapi orang- orang tetap mencarinya dan
berusaha membelinya karena ingin membacanya untuk menambah pengetahuan mereka.
Tetapi sekarang keadaannya terbalik, banyak sekali buku tetapi tidak ada yang
menjamahnya. Seakan- akan orang menganggap bahwa membaca itu tidak penting dan
membuang- buang waktu. Padahal
anggapan itu salah.
Banyak
sekali generasi muda yang tidak suka dan enggan membaca. Mereka lebih suka menonton TV atau
mendengarkan radio. Di sini saya mengangkat topik membaca untuk menumbuhkan
semangat dan minat untuk membaca. Membaca sangatlah penting. Apalagi untuk para generasi muda seperti
mahasiswa yang haus akan informasi dan pengetahuan.
|
Mitos-
mitos yang buruk dalam membaca sangat mempengaruhi minat dalam membaca. Banyak
orang beranggapan bahwa membaca itu tidak penting, buang- buang waktu,
membosankan, dan sebagainya. Mitos- mitos itu sangatlah salah dan harus diganti dengan mitos yang
baik dan benar. Mitos- mitos yang baik ini akan membantu menumbuhkan minat
untuk membaca. Serta menjadikan membaca adalah kegiatan rutin yang harus
dilakukan.
Telah
kita ketahui bahwa banyak sekali faktor- faktor yang menghambat minat untuk
membaca, maka dari itu saya membuat makalah dengan judul “Pentingnya Memiliki
Strategi Membaca” ini dengan tujuan untuk membantu menumbuhkan minat membaca di
kalangan mahasiswa dan lainnya karena membaca adalah jalan kita untuk menuju
dan menggapai apa yang kita inginkan. Untuk memiliki kemampuan membaca yang baik diperlukan strategi membaca
yang baik. Di samping itu diperlukan juga latihan- latihan yang cukup sesuai
dengan tujuan membaca yang dilakukan. Sehingga saya merasa makalah ini sangat
penting untuk dibahas. Dengan membaca makalah ini saya berharap mitos- mitos
yang buruk akan dibuang dan bisa menumbuhkan minat untuk membaca. Karena dalam
makalah ini, saya akan membahas masalah- masalah yang mempengaruhi dan
menghambat minat untuk membaca serta cara menyelesaikannya.
Saya
berharap makalah ini dapat bermanfaat untuk semua pihak. Dapat menambah minat
untuk membaca, menggantikan mitos- mitos yang buruk tentang membaca menjadi
mitos yang baik, mengetahui strategi membaca, dan menyadari kalau membaca itu
sangat penting serta menjadikannya sebagai suatu kebutuhan. Dengan membaca akan
menambah pengetahuan kita, sehingga makalah ini juga bermanfaat dalam IPTEK. Dalam makalah ini akan dibahas
secara detail dan jelas. Mulailah membaca. Awali dengan membaca makalah ini.
1.2 Rumusan Masalah
Dalam makalah ini akan dibahas :
1. Apakah strategi
membaca itu?
2. Mengapa kita
perlu memiliki strategi membaca?
3. Bagaimanakah
strategi membaca itu?
4. Apa manfaat
penerapan strategi membaca?
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini adalah
untuk :
1. Mengetahui
pengertian strategi membaca,
2. Mengetahui
perlunya atau pentingnya memiliki strategi membaca,
3. Mengetahui
bagaimanakah strategi membaca itu, dan
4. Mengetahui
manfaat penerapan strategi membaca.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Strategi Membaca
Strategi
adalah rencana atau cara untuk melakukan sesuatu. Sedangkan membaca adalah
kegiatan berbahasa yang secara aktif menyerap informasi yang disampaikan
melalui media tulis.
Startegi membaca adalah
cara atau teknik ( dalam membaca ) untuk menyerap informasi yang disampaikan
melalui media tulis.
Strategi membaca
digunakan pembaca untuk memperoleh pesan dari bacaan yang dibaca. Pembaca yang
baik akan sering menggunakannya. Mereka menggunakan strategi itu sebelum,
selama, dan setelah membaca.
2.2 Pentingnya Memiliki Strategi Membaca
Saat
ini banyak orang yang enggan membaca karena mereka kurang menyadari pentingnya
membaca dan terpengaruh mitos- mitos yang buruk mengenai membaca. Sebenarnya
mitos- mitos itu salah dan mitos- mitos yang buruk tersebut harus diganti
dengan mitos- mitos yang baik. Kita juga harus memiliki strategi membaca untuk
memudahkan proses membaca kita.
Strategi
membaca sangat diperlukan dalam membaca. Pembaca harus mengetahui strategi
membaca yang sesuai dengan potensi membaca mereka. Pembaca dalam membaca perlu memiliki strategi membaca
supaya :
1.
|
2. Mudah dalam
menyerap pesan atau informasi dari bacaan yang dibaca,
3. Kegiatan
membaca tidak lagi menjadi kegiatan yang membosankan,
4. Kegiatan
membaca tidak menjadi kegiatan yang dienggani,
5. Tumbuh minat
untuk membaca,
6. membaca menjadi suatu kebutuhan,
7. Pembaca
mengetahui strategi membaca yang sesuai dengan potensi membaca mereka masing-
masing, dan
8. Mitos- mitos
yang buruk tentang membaca menjadi mitos- mitos yang baik sehingga membuat
orang menjadi minat untuk membaca.
2.3 Strategi Membaca
Banyak
sekali orang yang enggan membaca karena mereka belum menyadari pentingnya
membaca dan adanya faktor- faktor yang menghambat minat membaca.
Sebelum
membahas strategi membaca, di sini akan dibahas terlebih dahulu mengenai faktor
yang sangat menentukan dalam membaca.
- Dalam membaca sangat diperlukan :
a. Minat
Minat adalah dorongan
hati untuk mengetahui sesuatu.
b. Motivasi
Motivasi adalah
keinginan atau dorongan untuk membaca ( baik dari luar maupun dari dalam ).
c. Konsentrasi
Konsentrasi adalah fokus
dalam bacaan yang dibaca.
- Faktor-faktor yang menghambat minat membaca beserta cara mengatasinya. Faktor- faktor yang menghambat minat dan proses membaca yaitu :
a. Kurangnya minat
untuk membaca,
b. Kurang
menyadari pentingnya membaca, dan
c. Adanya mitos-mitos
yang buruk tentang membaca.
Ø Mitos- mitos
membaca beserta cara mengatasinya :
Mitos
adalah keyakinan atau kepercayaan tentang sesuatu yang dianggap benar padahal
belum tentu benar.
Mitos-
mitos yang buruk tentang membaca sangat menghambat minat seseorang untuk
membaca. Mitos- mitos tersebut harus dibuang dan diganti dengan mitos- mitos
yang baik dan benar.
Mitos- mitos yang buruk
dalam membaca :
1) Membaca itu
sulit dan membuang waktu atau membosankan.
Cara mengatasinya :
·
Tanamkan pada diri kita bahwa membaca itu mudah
dan menyenangkan.
2) Membaca harus
seluruh bacaan.
Cara mengatasinya :
·
Membaca hanya menangkap yang penting atau yang
diperlukan saja, tidak seluruhnya.
3) Membaca
dilakukan dengan kata per kata atau kalimat per kalimat.
Cara mengatasinya :
·
Membaca tidak perlu kata per kata atau kalimat
per kalimat, tetapi mengambil kata kunci dari keseluruhan bacaan yang dibaca.
4) Membaca harus
menghafal.
Cara mengatasinya :
·
Membaca itu memahami dan menangkap inti bacaan.
5) Membaca itu
harus perlahan.
Cara mengatasinya :
·
Membaca itu harus cepat.
6) Membaca bukan
dengan prinsip asal baca.
Cara mengatasinya :
·
Membaca perlu dengan strategi baca yang sesuai.
- Penggunaan Strategi Membaca
Dari
ulasan sebelumnya dapat diketahui bahwa membaca perlu dengan strategi membaca
yang sesuai. Sehingga bisa dengan mudah menyerap pesan dan inti dari bacaan
yang dibaca. Strategi membaca dapat dilakukan dengan :
a. Sebelum Membaca
Sebelum
memulai membaca, cobalah untuk mendapatkan “gambaran besar” atau keseluruhan
poin dari bacaan tersebut. Berikut beberapa strategi untuk membantu Anda
melihat apa yang dibaca :
Ø Mengamati judul
dan pengarang,
Ø Melihat daftar
isi,
Ø Membaca kata
pengantar atau pendahuluan,
Ø Membaca kalimat
pertama di bawah judul atau kalimat pertama pada
setiap alinea, dan
Ø Membaca simpulan
atau akhir paragraf atau akhir buku.
b. Selama Membaca
Ketika
membaca, cobalah untuk menjadi peka, menjadi pemikir yang aktif dengan
melakukan kegiatan prediksi, seperti :
Ø Membuat pertanyaan-
pertanyaan filosofis atau 5W+1H,
Ø Mencari jawaban
dari setiap pertanyaan Anda,
Ø Berhentilah segera
dan tanyakan pada diri Anda sendiri, “Apa yang baru
saja saya baca?”. Kemudian jawablah pertanyaan Anda sendiri,
Ø Ungkapkan ide
atau gagasan dengan kata- kata sendiri,
Ø Garis bawahi
atau tandai ide- ide penting,
Ø Buatlah daftar
kata kunci, frasa, atau kalimat-kalimat kesimpulan
Hal
tersevbut bisa dilakukan dengan cara :
§ Membuat
kerangka bacaan atau out lining,
§ Membuat skema
atau bagan, dan
§ Membuat rangkuman atau summarising.
c. Setelah Membaca
Setelah
melakukan kegiatan- kegiatan pada strategi membaca yang ada pada strategi
membaca sebelum membaca dan selama membaca, kemudian lihatlah kembali halaman-
halamannya. Berikut ini beberapa tips untuk meninjau ulang :
Ø Tanyakan pada
diri Anda apa saja yang Anda ketahui setelah membaca
bacaan tersebut.
Ø Ceritakan apa
yang baru saja Anda baca kepada orang lain yang mau mendengarkan.
Ø Tulislah
ringkasan atau rangkuman dari apa yang Anda baca.
- Model Strategi Membaca
Setelah
membaca dan memahami strategi membaca pada pembahasan sebelumnya, kita bisa
mengaplikasikannya langsung pada bacaan yang akan kita baca. Pembaca yang baik
akan sering menggunakannya. Kita juga harus mengetahui model strategi membaca.
Salah satunya adalah berikut ini :
Dalam
membaca memindai (skimming) atau membaca cepat (scanning) dapat dilakukan model
strategi membaca SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, dan Review).
Adapun
langkah- langkahnya adalah sebagai berikut :
a. Survey
Survey adalah penelaahan
pendahuluan atau kajian pendahuluan.
Ø Langkah- langkah :
· Bagian
pendahuluan yang perlu dibaca sampul luar dan dalam (judul, pengarang, dan penerbit),
· Membaca kata pengantar
atau pendahuluan (tujuan, gambaran umum
isi buku, dan sistematikanya)
· Membaca abstrak
atau tinjauan buku atau ringkasan isi karangan,
dan
· Membaca daftar isi
dan daftar singkatan, seperti :
-
Bagian isi : dilihat secara umum urutan bab- babnya.
-
Bagian akhir :
dilihat kesimpulan, saran dan
rekomendasi, daftar pustaka, riwayat hidup, dan indeks.
b. Question
Question adalah pertanyaan. Kita bisa
membuat pertanyaan- pertanyaan untuk diri sendiri mengenai bacaan yang kita baca.
Ø Langkah-
langkah :
· Merumuskan pertanyaan
( pertanyaan yang bersifat umum dapat digali
dari halaman judul, kata pengantar, dan daftar isi ).
· merumuskan
pertanyaan yang bersifat khusus dapat digali dari bab, sub bab, dan lain- lain.
· merumuskan
pertanyaan dengan 5W+1H atau filosofis.
c. Read
Read adalah kegiatan dimana kita
mulai membaca.
Ø Langkah-
langkah :
·
Selama membaca pusatkan pikiran untuk mencari
jawaban dari pertanyaan yang dibuat,
·
Membaca dapat bersifat fleksibel dan luwes, dan
·
Perhatikan pula pembacaan tabel, grafik, serta
peta.
d. Recite
Recite
yaitu mengutarakan kembali inti bacaan yang telah dibaca dengan bahasa sendiri.
Ø Langkah-
langkah :
·
ceritakan kembali jawaban yang Anda peroleh
dengan bahasa Anda sendiri. Sebaiknya ditulis di bawah rumusan pertanyaan.
e. Review
Review
yaitu menyusun kembali berdasarkan pendapat dan komentarnya.
Ø Langkah-
langkah :
·
Mengecek atau melihat- lihat kembali bagian
tertentu saja yang dianggap penting. Seperti sub judul, sub bab, gambar, tabel,
dan lain- lain.
2.4 Manfaat Penerapan Strategi Membaca
Dalam
membaca kita harus mempunyai strategi dan
strategi membaca tersebut harus benar dan sesuai dengan kita.
Manfaat
penerapan strategi membaca sangat banyak, yaitu :
1. Memudahkan dalam
proses membaca,
2. memudahkan
untuk memahami inti bacaan yang dibaca,
3. memudahkan
untuk menyerap pesan dan informasi bacaan yang dibaca,
4. membantu
memusatkan perhatian pada bacaan,
5. membantu
konsentrasi dan pemahaman karena aktif melakukan konfirmasi, pembatalan,
perbaikan atau revisi tentang apa yang sudah diprediksinya,
6. membantu dalam
menentukan apakah buku tersebut sesuai dengan keperluan,
7. membuat kita
lebih fleksibel dalam membaca ( dapat mengatur irama kecepatan membaca ),
8. dapat membuat
hasil belajar lebih efektif dan efisien karena dapat dipakai dalam sistem
belajar yang sistematis, dan
9. menumbuhkan
minat untuk membaca.
BAB III
PENUTUP
3.1.
Kesimpulan
Memiliki
strategi membaca sangatlah penting. Sehingga kita bisa lebih fokus pada bacaan
yang kita baca dan dapat dengan mudah menyerap inti dan pesan dari bacaan
tersebut. Strategi membaca yang saya ulaskan pada makalah ini sangat mudah
untuk dijalankan. Saya
berharap makalah ini bermanfaat untuk pembaca sekalian.
3.2.
Saran
Kita
harus tahu strategi membaca yang sesuai dengan diri kita dan potensi membaca kita
masing- masing. Sehingga kegiatan membaca menjadi asik dan tidak membosankan.
Serta kita bisa dengan mudah menyerap inti dan pesan bacaan tersebut.
|
DAFTAR PUSTAKA
|
MAKALAH
BAHASA INDONESIA
Pentingnya
Memiliki Strategi Membaca
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah
Bahasa Indonesia
Disusun Oleh :
GESSY TWI PERMATASARI
10.1.01.08.0102
IB
Pendidikan
Bahasa Inggris
Fakultas
Keguruan Ilmu Pendidikan
Universitas
Nusantara PGRI Kediri
Kediri 2011
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah
SWT karena rahmat dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan tugas mata kuliah Bahasa Indonesia yang berupa
makalah mengenai Pentingnya Memiliki
Strategi Membaca.
Dalam makalah ini saya membahas mengenai strategi
membaca. Bukan hanya pengertiannya saja, tetapi juga mengenai pentingnya
memiliki strategi membaca, bagaimanakah strategi membaca itu, dan apa manfaat
dari penerapan strategi membaca.
Terima kasih kepada beberapa pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat
terselesaikan dengan baik dan tepat waktu.
Saya menyadari bahwa makalah ini masih memiliki banyak
kekurangan dan belum sempurna. Oleh karena itu saran dan kritik dari semua
pihak sangat saya harapkan untuk perbaikan makalah ini.
Saya berharap
makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak dan dapat digunakan sebagaimana
mestinya.
Kediri, Juli 2011
Penyusun
|
DAFTAR
ISI
HALAMAN JUDUL................................................................................... i
KATA PENGANTAR................................................................................. ii
DAFTAR ISI............................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang...................................................................... 1
1.2 Rumusan
Masalah................................................................. 3
1.3 Tujuan Penulisan................................................................... 3
BAB III PEMBAHASAN
2.1 Pengertian
Strategi Membaca............................................... 4
2.2 Pentingnya
Memiliki Strategi Membaca............................... 4
2.3 Strategi Membaca................................................................. 5
2.4 Manfaat
Penerapan Strategi Membaca................................. 12
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan........................................................................... 13
3.2 Saran..................................................................................... 13
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................. 14
|
1 komentar:
wah, sangat membantu.. thanks
Posting Komentar