BLOGGING – ON LINE STORAGE
A.
PENGERTIAN BLOG
Awal mula blog adalah web log, yaitu tulisan serupa jurnal / buku
harian yang ditampilkan di web. Ciri khasnya adalah tulisan tersusun secara
kronologis, dengan tulisan terbaru ada pada bagian paling awal / atas. Pada
perkembangan selanjutnya web log disebut sebagai blog, dan mulai ditambahkan
berbagai fasilitas seperti pengunjung bisa meninggalkan komentar.
Blog memberikan ulasan atau
berita mengenai suatu tajuk, umpamanya makanan, politik, atau berita tempatan.
Blog yang tipikal menggabungan teks, image, dan pautan ke dalam blog, laman
web, dan media lain yang berkaitan dengan topiknya. Keupayaan para pembaca
untuk meninggalkan ulasan mereka dalam format interaktif merupakan ciri yang
utama untuk banyak blog. Kebanyakan blog umumnya adalah blog teks, walaupun
setengahnya bertumpu pada gambar foto (blog foto), video (vlog), muzik (blog
MP3), atau audio (podcasting), dan merupakan sebagian rangkaian media sosial
yang lebih luas.
Blog seringkali ditulis oleh seseorang dan diupdate secara berkala.
Blog seringkali ditulis dengan satu topik khusus, seperti fotografi,
spiritualitas, resep, diary pribadi, hobi, dan masih banyak lagi meskipun juga
banyak yang mencampur adukkan topik pembahasannya.
Blogger adalah sebutan bagi orang yang menulis di blog tersebut.
Ada yang menulisnya dengan dobel “g”, blogger, ada juga yang menulisnya dengan
hanya satu “g”, bloger. Keduanya punya arti yang sama. Syarat seseorang bisa
menjadi blogger hanya satu: bisa menulis! Soal teknologi untuk blogging, ada
berbagai banyak pilihan di internet, dan banyak layanan yang menyediakan tempat
menulis blog secara gratis, seperti wordpress dan blogspot.
B.
SEJARAH BLOG
Babad, buku Commonplace, buku harian,
perzin and persatuan akhbar amatur boleh dilihatkan sebagai pendahulu-pendahulu
blog. Sebelum blog menjadi populer, terdapat banyak bentuk komunitas -
komunitas digital, termasuk:
·
Usenet,
·
perkhidmatan komersil dalam talian, seperti
GEnie, BiX, dan CompuServe yang awal,
·
senarai emel, dan
·
sistem papan buletin (BBS).
Pada dekade 1990-an, perisian forum internet
seperti WebEx menciptakan perbualan selari dengan "bebenang".
Bebenang merupakan hubungan topik antara perutusan-perutusan pada "papan
gabus" metafora. Sebagaian orang telah menyamakan blog dengan gerakan Mass-Observation
yang diasaskan pada tahun 1937 di United Kingdom. (IT for Teaching
English – www.mahendrapuji.com).
Tahun : 1983-1990 (Pra-HTTP)
Usenet ialah perantara bersiri
yang utama yang terangkum dalam takrif Jaringan Sejagat (WWW) yang asal. [3] Ia
menonjolkan Kumpulan Berita Tersederhana yang membenarkan semua pengeposan
dikawal oleh seorang individu atau sekumpulan pengguna yang kecil. Kebanyakan
kumpulan berita tersebut hanya merupakan forum-forum perbualan tersederhana.
Bagaimanapun pada tahun 1983-94, satu kekecualian, yaitu mod.ber telah
dicipta, dikendalikan, dan dinamai sempena Brian E. Redman. Secara tetap,
Redman dan beberapa rakannya akan mengeposkan ringkasan pos-pos dan
bebenang-bebenang yang menarik dari laman-laman web yang lain dalam internet.
Dengan gaya penerbitan jurnal bersiri, kehadiran dalam jaringan pra-HTTP, serta
persamaan yang rapat dengan bentuk blog kini yang biasa — ia menonjolkan pautan
ke laman-laman web yang menarik yang dipilih oleh pengguna blog — mod.ber mempunyai
banyak ciri yang biasanya dikaitkan dengan istilah Blog. Walaupun demikian, mod.ber
menamatkan operasinya selepas lebih kurang 8 bulan.
Tahun : 1994–2001
Blog moden berkembang daripada
buku-buku harian dalam talian yang digunakan untuk menyimpan huraian selari
tentang kehidupan-kehidupan peribadi mereka. Kebanyakan penulis ini merujuk
kepada diri sendiri sebagai penulis diari, wartawan, atau penulis jurnal,
dengan sebilangan kecil memanggil diri sendiri sebagai
"eskribisionis" (escribitionist).
Gelang laman web (webring)
Halaman-halaman Terbuka merangkumi ahli-ahli komuniti jurnal dalam talian.
Justin Hall yang menggunakan blog peribadi sejak dari tahun 1994 ketika masih
belajar di Kolej Swarthmore umumnya dianggap sebagai salah satu pengguna
perintis blog yang awal, [4] bersama-sama Jerry Pournelle.
Bentuk-bentuk jurnal yang lain
juga wujud dalam talian. Satu contoh yang terkenal ialah jurnal John Carmack,
seorang pengaturcara permainan. Jurnalnya yang diterbitkan melalui protokol
jari telah dibaca secara meluas. Laman-laman web, baik laman korporat mahupun
laman peribadi, masih kerap kali menonjolkan bahagian-bahagian
"Berita" atau "Berita Terkini", seringnya di dalam laman
utama masing-masing dan disisihkan mengikut tarikh. Salah satu "weblog"
berasaskan berita ialah Laporan Drudge yang diasaskan oleh Matt Drudge. Drudge
menggelar diri sebagai pemberita pengingkar walaupun beliau jelas tidak suka
akan pengelasan ini. Lagi satu contoh ialah Institut untuk Ketepatan Awam yang
mula mengeposkan siaran-siaran berita yang menonjolkan petikan-petikan berita
seperenggan daripada laman-laman web yang lain banyak kali seminggu mulai dari
tahun 1998. Satu contoh pendahulu yang awal yang patut diberikan perhatian
ialah laman web peribadi gurauan Kibo, legenda Usenet yang sentiasa dikemaskinikan.
Weblog-weblog yang awal hanya merupakan komponen-komponen laman web
biasa yang dikemaskinikan secara manual. Bagaimanapun, pengembangan alat-alat
untuk memudahkan penghasilan dan pemeliharaan rencana-rencana web yang diposkan
mengikut tertib kronologi terbalik menyebabkan proses penerbitan boleh.
C.
KEGUNAAN BLOG
Ada
banyak manfaat yang bisa diperoleh dari blog. Banyak orang telah memanfaatkan
keterbukaan blog untuk berbagai keperluan. Berikut ini adalah beberapa manfaat
blog :
1. Media
Aktualisasi Diri
Salah satu
kebutuhan manusia adalah to be recognized – untuk di akui kehadirannya, untuk
di perhatikan. Untuk menunjukan siapa dirinya. Apa yang dipikirkannya, apa yang
menjadi perhatianya, apa yang menarik untuknya, apa yang disenanginya, apa yang
dibencinya, apa pemikirannya dan apa yang diinginkannya. Dan blog mampu
memfasilitasi hal tersebut, dalam skala jangkauan yang mendunia. Dengan blog
(dan dukungan berbagai web applikasi di world wide web) seseorang kini
dapat mengaktualisasikan dirinya dalam berbagai media (text, image, graphic,
video, audio, slide presentasi, dll) yang bisa diakses oleh ‘semua
orang di penjuru dunia yang terhubung ke jaringan internet’.
2.
Personal Branding
Personal
Branding atau self positioning, yaitu memposisikan diri anda berdasarkan apa
yang dapat anda lakukan, membuat orang teringat akan anda ketika mereka
dihadapkan terhadap topik tertentu adalah sesuatu hal yang sangat vital di
dunia modern ini. Apa yang anda ingat ketika mendengar “Bapak
Blogger Indonesia”? Enda Nasution! Bayangkan jika
seorang potential
client berkata “Siapa yang dapat saya hire untuk mengatasi masalah
ini” dan yang mereka ingat adalah nama anda? Dengan blog dan strategi yang
tepat anda dapat memberitahu semua orang di dunia (yang terhubung ke dalam
jaringan internet, tentunya) apa keahlian anda dan mengapa mereka harus
menghubungi anda ketika mereka teringat akan satu masalah yang harus
diselesaikan.
3.
Markas Besar Di Dunia Maya
Begitu
banyak tempat bersosialisasi di dunia maya dan sulit untuk memberi tahukan
semuanya kepada orang sekaligus. Blog bisa anda jadikan markas besar pusat
seluruh aktifitas anda di dunia maya: CV, Online
portofolio, link, badge
atau widget
menuju situs-situs social network yang anda gunakan.
4. Media
Promosi
Blog
ditempatkan di jaringan internet. Dengan strategi yang tepat (SEO + SMM +
Other Techniques) anda bisa mendatangkan para pengguna internet ke blog anda
dan membuatnya membaca apa yang anda promosikan.
5.
Mendapatkan Relasi Baru
Sudah
menjadi sifatnya bahwa manusia selalu mencari manusia lain yang memiliki
ketertarikan sama. Buat blog tentang topik yang anda minati, dan pengunjung
yang memiliki topik yang sama dengan anda pun akan mendatangi anda. Mereka bisa
mengomentari post di blog anda dan bisa membalasnya. Terjadi conversation
disana, dan membuka peluang untuk terjadinya hubungan.
Tips: Buat
tulisan yang bermanfaat (lebih baik jika menginspirasi) dan letakkan link
facebook profile anda. Orang akan berbondong- bondong meng-add anda di facebook
.
6.
Mendapatkan Penghasilan
Well,
sudah banyak yang tahu kan? ada dua cara mendapatkan penghasilan dari internet:
a. Direct Income – Blog
anda memang menjadi ‘sumber uang’ anda. Anda update konten dengan entri
berkualitas, perbesar tingkat kunjungan visitor ke blog anda, lakukan
monetisasi. Bisa dengan menjual spot banner, Service Pay-Per-Click, Pay-Per-Post,
Paid-To-Review,
buat review tentang produk yang diafiliasikan, atau mungkin langsung menjual
produk di blog anda, dll.
b. Indirect Income – Blog
anda gunakan sebagai media promosi bisnis anda dan diri anda. Visitor datang ke
blog anda lalu terkesima dengan diri anda dan portofolio anda, kemudian mereka
akan menghubungi anda untuk deal bisnis selanjutnya.
7.
Stress Release, Emotion Release
Terkadang
kita hanya ingin melampiaskan apa yang kita rasakan. Terkadang kejenuhan dan
terkadang kebahagiaan. Lebih mengasyikan lagi jika ada yang merespons apa yang
kita rasakan. Dan blog memfasilitasi hal tersebut. Tapi selalu ingat aturan
emasnya. Jangan berlebihan. Jangan sampai kasus kehilangan pekerjaan dan
kejadian tidak diinginkan lainnya terjadi hanya karena anda berlebihan dalam
mengekspresikan diri.
8. Media
Memberi atau Media Sharing
Terkadang
kita hanya ingin berbagi apa yang kita ketahui, berbagi kebaikan, berbagi ilmu
atau berbagi pengetahuan. Jika yang anda ingin share kepada orang lain bisa di
fasilitasi dengan text, graphic, video, audio, presentasi, dll. Blog bisa
memfasilitasi hasrat berbagi anda.
9.
Jurnal Catatan Kehidupan Anda
Catat
semua yang anda rasakan dan publikasikan di blog anda. Suatu hari di kehidupan
anda kelak, baca kembali apa yang sudah anda tulis. Kebanyakan orang tertawa
ketika membaca apa yang mereka tulis dahulu.
10.
Mendapatkan Feedback Atas Apa Yang Anda Rasakan
Mayoritas
blog memiliki fitur komentar di setiap artikelnya. Hal ini memfasilitasi orang
untuk memberi respons terhadap apa yang anda tulis. Pendapat orang lain
merupakan salah satu hal yang berharga dalam hidup.
11.
Public Relation Yang Lebih Humanis
Jika
anda bertujuan mempromosikan bisnis atau korporasi – corporate blogging, salah
satu karakteristik blog adalah personal point of view yang menjadikan blog
lebih humanis sehingga pengunjung merasa lebih ‘nyaman’
D.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BLOG
Kelebihan :
1. Terintegrasi dengan Google Account. Jika anda memiliki account
di gmail atau Google reader, otomatis
anda sudah memiliki account blogger.com.
2. Proses Sign Up yang mudah.
3. Bisa memasang script AdSense.
4. Panel Kontrol yang sangat sederhana dan mudah dimengerti.
5. Tersedia navigasi dalam bahasa Indonesia.
6. File CSSnya dapat diedit.
7. Navigasi admin sederhana, dan mudah dimengerti : posting,
Pengaturan, Tata Letak
8. Ada widget untuk polling
9. Bisa memiliki banyak blog dalam satu account
Kekurangan:
1. Tampilan dashboard terlalu sederhana.
1. Tampilan dashboard terlalu sederhana.
2. Pilihan template bawaan terlalu sedikit, sehingga banyak blog
dengan tampilan sejenis.
3. Jika pengunjung hendak memberikan komentar, pengunjung perlu
membuka halaman baru. Ini cukup menjengkelkan.
4. Tidak bisa melihat statistik pengunjung, jumlah pengunjung,
search term yang mereka pakai, dari mana mereka berasal, dan berbagai statistik
lain. ( kecuali anda memasang script tracker Google Analytics di widget anda).
E.
CARA MEMBUAT BLOG
1.
Pertama
untuk memulai membuat blog silahkan untuk mengenjungi situs blogger.com. Setelah halamannya terbuka, silahkan anda cari tombol Sign Up di
pojok kanan atas seperti contoh gambar dibawah ini.
2.
Kedua,
kalau sudah di klik terus muncul form seperti gambar di bawah ini.
Name :
Isi dengan nama anda.
Choose Your Username : Isikan
username pilihan anda, ini nanti juga dibuat
menjadi alamat email anda.
Birthday : Isi tanggal lahir, bulan
dan tahun anda.
Gender : Kalau anda pria pilih yang male, kalau anda wanita
pilih sebaliknya yakni yang female. Kalau anda masih belum yakin dengan gender
anda, anda bisa memilih other hehehehe.
Mobile Phone: Isikan no handphone
anda, nanti untuk dibuat verifikasi akun anda.
Your Current Email Address: Di
kosongi juga tidak apa-apa.
Lalu isi kode verifikasi seperti
gambar diatas, kemudian centang untuk menyutujui pembuatan akun tersebut.
Kemudian tekan tombol next step.
3. Kemudian akan muncul gambar seperti dibawah ini, anda lewati
saja dengan menekan tombol next step. Untuk mengunggah foto di akhir tahap juga
bisa.
4. Kemudian muncul seperti gambar dibawah ini, langsung saja anda
klik Back to Blogger.
NB: akhirrudinblog@gmail.com itu untuk masuk kedalam akun kita, jadi jangan sampai lupa dengan alamat email anda sendiri.
Jika anda melihat gambar seperti dibawah ini abaikan saja, untuk
mempercepat proses pembuatan blog tersebut. Langsung saja untuk klik tombol
Lanjutkan ke blogger.
5. Jika sudah menekan tombol
lanjutkan ke blogger, anda akan masuk kedalam tampilan utama pada blogger. Di
situ anda bisa melakukan apa saja untuk blog anda. Langsung saja membuat blog
klik new blog atau blog baru seperti gambar di bawah ini.
6. Setelah memilih tombol new blog atau blog baru tadi, akan dibawa
menuju halaman blog. Kemudian isi title atau judul blog dengan keinginan anda.
Pada bagian address atau alamat, anda bisa mengisi alamat tersebut dengan
keinginan anda, kalau sudah pilih template atau tema kesukaan anda. Contoh
seperti gambar dibawah ini, jika sudah klik tombol create blog atau buat blog.
7. Selamat blog anda sudah berhasil di buat. Untuk mengisi artikel
di blog anda, anda bisa mengeklik tombol gambar pensil seperti gambar dibawah
ini.
F.
PROSES PENYIMPANAN / PUBLISH
a. Cara Memposting File Ms. Power Point
1.
Kunjungi
http://www.slideshare.net/upload lalu Anda LogIn dahulu. Anda bisa login
menggunakan akun Facebook Anda Klik "Upload" Pilih file Power
Point yang akan Anda posting ke blog.
2. Pilih dan tunggu hingga proses upload selesai.
3. Copy kode “Embed”
yang ada disamping file.
4.
Setelah kode tersebut di-Copy, sekarang Anda login ke akun blog Anda.
5. Setelah itu klik Entri Baru,
pindahkan ke mode HTML.
6. Kemudian jangan lupa Terbitkan
Entri.
Keterangan :
Ini mempunyai kelemahan, yaitu slide show yang ada
di Microsoft Office Power Point tidak akan muncul pada postingan kita.
b. Cara Memposting File Ms. Word,
Excel :
Langkah
1 : upload file ke google docs.
1. Silahkan login ke http://docs.google.com dengan account gmail anda.
2. Klik tab Upload yang berada di sebelah kiri atas layar monitor anda.
3. Klik tombol browse… di bawah tulisan Browse your computer to select a file
to upload:
4. Masukan file yang ingin anda upload (word, excel, power point).
5. Klik tombol Upload File yang ada di sebelah bawahnya.
6. Tunggu beberapa saat sampai file anda terupload semuanya (tergantung dari
besarnya
file serta
kecepatan koneksi anda).
7. Jika sudah ter_upload, anda bisa mengeditnya jika mau.
8. Klik tab publish yang ada di sebelah kanan atas layar monitor anda, maka
akan keluar tulisan “Thisdocument is not yet published”.
9. Klik tombol publish now yang ada di bawahnya.
10. Jika sudah selesai, lihat kembali ke bagian bawahnya!
11. Klik link bertuliskan More publishing options.
12. Setelah keluar window pop up, klik menu drop down di sebelah tulisan File
format kemudian pilihHTML to embed a webpage.
13. Klik tombol Generate URL.
14. Copy kode HTMl yang di berikan, lalu paste pada notepad atau text editor
lainnya.
15. Silahkan di close saja window nya.
16. Silahkan anda sign out dari google docs jika mau.
17. Selesai.
Langkah 2 : posting kode google docs ke blogger.
1. Silahkan login ke blog dengan ID anda.
2. Klik Posting Baru.
3. Silahkan anda buat postingan yang anda inginkan.
4. Ketika anda mau menyisipkan kode yang dari google docs, klik terlebih
dahulu tab Edit HTML ( jangan yang compose)
5. Paste kode google docs yang ada di notepad tadi pada tempat yang anda
inginkan.
6. Klik Tombol MEMPUBLIKASIKAN POSTING.
7. Silahkan lihat hasilnya.
8. Selesai.
SOURCES :
0 komentar:
Posting Komentar