Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

RSS

Pages

Modul Blogging - On Line Storage


BLOGGING – ON LINE STORAGE

A.    PENGERTIAN BLOG

Awal mula blog adalah web log, yaitu tulisan serupa jurnal / buku harian yang ditampilkan di web. Ciri khasnya adalah tulisan tersusun secara kronologis, dengan tulisan terbaru ada pada bagian paling awal / atas. Pada perkembangan selanjutnya web log disebut sebagai blog, dan mulai ditambahkan berbagai fasilitas seperti pengunjung bisa meninggalkan komentar.
 Blog memberikan ulasan atau berita mengenai suatu tajuk, umpamanya makanan, politik, atau berita tempatan. Blog yang tipikal menggabungan teks, image, dan pautan ke dalam blog, laman web, dan media lain yang berkaitan dengan topiknya. Keupayaan para pembaca untuk meninggalkan ulasan mereka dalam format interaktif merupakan ciri yang utama untuk banyak blog. Kebanyakan blog umumnya adalah blog teks, walaupun setengahnya bertumpu pada gambar foto (blog foto), video (vlog), muzik (blog MP3), atau audio (podcasting), dan merupakan sebagian rangkaian media sosial yang lebih luas.
Blog seringkali ditulis oleh seseorang dan diupdate secara berkala. Blog seringkali ditulis dengan satu topik khusus, seperti fotografi, spiritualitas, resep, diary pribadi, hobi, dan masih banyak lagi meskipun juga banyak yang mencampur adukkan topik pembahasannya.
Blogger adalah sebutan bagi orang yang menulis di blog tersebut. Ada yang menulisnya dengan dobel “g”, blogger, ada juga yang menulisnya dengan hanya satu “g”, bloger. Keduanya punya arti yang sama. Syarat seseorang bisa menjadi blogger hanya satu: bisa menulis! Soal teknologi untuk blogging, ada berbagai banyak pilihan di internet, dan banyak layanan yang menyediakan tempat menulis blog secara gratis, seperti wordpress dan blogspot.
B.     SEJARAH BLOG
Babad, buku Commonplace, buku harian, perzin and persatuan akhbar amatur boleh dilihatkan sebagai pendahulu-pendahulu blog. Sebelum blog menjadi populer, terdapat banyak bentuk komunitas - komunitas digital, termasuk:
·         Usenet,
·         perkhidmatan komersil dalam talian, seperti GEnie, BiX, dan CompuServe yang awal,
·         senarai emel, dan
·         sistem papan buletin (BBS).

Pada dekade 1990-an, perisian forum internet seperti WebEx menciptakan perbualan selari dengan "bebenang". Bebenang merupakan hubungan topik antara perutusan-perutusan pada "papan gabus" metafora. Sebagaian orang telah menyamakan blog dengan gerakan Mass-Observation yang diasaskan pada tahun 1937 di United Kingdom. (IT for Teaching English www.mahendrapuji.com).
Tahun : 1983-1990 (Pra-HTTP)
Usenet ialah perantara bersiri yang utama yang terangkum dalam takrif Jaringan Sejagat (WWW) yang asal. [3] Ia menonjolkan Kumpulan Berita Tersederhana yang membenarkan semua pengeposan dikawal oleh seorang individu atau sekumpulan pengguna yang kecil. Kebanyakan kumpulan berita tersebut hanya merupakan forum-forum perbualan tersederhana. Bagaimanapun pada tahun 1983-94, satu kekecualian, yaitu mod.ber telah dicipta, dikendalikan, dan dinamai sempena Brian E. Redman. Secara tetap, Redman dan beberapa rakannya akan mengeposkan ringkasan pos-pos dan bebenang-bebenang yang menarik dari laman-laman web yang lain dalam internet. Dengan gaya penerbitan jurnal bersiri, kehadiran dalam jaringan pra-HTTP, serta persamaan yang rapat dengan bentuk blog kini yang biasa — ia menonjolkan pautan ke laman-laman web yang menarik yang dipilih oleh pengguna blog — mod.ber mempunyai banyak ciri yang biasanya dikaitkan dengan istilah Blog. Walaupun demikian, mod.ber menamatkan operasinya selepas lebih kurang 8 bulan.

Tahun : 1994–2001
Blog moden berkembang daripada buku-buku harian dalam talian yang digunakan untuk menyimpan huraian selari tentang kehidupan-kehidupan peribadi mereka. Kebanyakan penulis ini merujuk kepada diri sendiri sebagai penulis diari, wartawan, atau penulis jurnal, dengan sebilangan kecil memanggil diri sendiri sebagai "eskribisionis" (escribitionist).
Gelang laman web (webring) Halaman-halaman Terbuka merangkumi ahli-ahli komuniti jurnal dalam talian. Justin Hall yang menggunakan blog peribadi sejak dari tahun 1994 ketika masih belajar di Kolej Swarthmore umumnya dianggap sebagai salah satu pengguna perintis blog yang awal, [4] bersama-sama Jerry Pournelle.
Bentuk-bentuk jurnal yang lain juga wujud dalam talian. Satu contoh yang terkenal ialah jurnal John Carmack, seorang pengaturcara permainan. Jurnalnya yang diterbitkan melalui protokol jari telah dibaca secara meluas. Laman-laman web, baik laman korporat mahupun laman peribadi, masih kerap kali menonjolkan bahagian-bahagian "Berita" atau "Berita Terkini", seringnya di dalam laman utama masing-masing dan disisihkan mengikut tarikh. Salah satu "weblog" berasaskan berita ialah Laporan Drudge yang diasaskan oleh Matt Drudge. Drudge menggelar diri sebagai pemberita pengingkar walaupun beliau jelas tidak suka akan pengelasan ini. Lagi satu contoh ialah Institut untuk Ketepatan Awam yang mula mengeposkan siaran-siaran berita yang menonjolkan petikan-petikan berita seperenggan daripada laman-laman web yang lain banyak kali seminggu mulai dari tahun 1998. Satu contoh pendahulu yang awal yang patut diberikan perhatian ialah laman web peribadi gurauan Kibo, legenda Usenet yang sentiasa dikemaskinikan.
Weblog-weblog yang awal hanya merupakan komponen-komponen laman web biasa yang dikemaskinikan secara manual. Bagaimanapun, pengembangan alat-alat untuk memudahkan penghasilan dan pemeliharaan rencana-rencana web yang diposkan mengikut tertib kronologi terbalik menyebabkan proses penerbitan boleh.

C.    KEGUNAAN BLOG
Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari blog. Banyak orang telah memanfaatkan keterbukaan blog untuk berbagai keperluan. Berikut ini adalah beberapa manfaat blog :
1. Media Aktualisasi Diri
Salah satu kebutuhan manusia adalah to be recognized – untuk di akui kehadirannya, untuk di perhatikan. Untuk menunjukan siapa dirinya. Apa yang dipikirkannya, apa yang menjadi perhatianya, apa yang menarik untuknya, apa yang disenanginya, apa yang dibencinya, apa pemikirannya dan apa yang diinginkannya. Dan blog mampu memfasilitasi hal tersebut, dalam skala jangkauan yang mendunia. Dengan blog (dan dukungan berbagai web applikasi di world wide web) seseorang kini dapat mengaktualisasikan dirinya dalam berbagai media (text, image, graphic, video, audio, slide presentasi, dll) yang bisa diakses oleh ‘semua orang di penjuru dunia yang terhubung ke jaringan internet’.
2. Personal Branding
Personal Branding atau self positioning, yaitu memposisikan diri anda berdasarkan apa yang dapat anda lakukan, membuat orang teringat akan anda ketika mereka dihadapkan terhadap topik tertentu adalah sesuatu hal yang sangat vital di dunia modern ini. Apa yang anda ingat ketika mendengar “Bapak Blogger Indonesia”? Enda Nasution! Bayangkan jika seorang potential client berkata “Siapa yang dapat saya hire untuk mengatasi masalah ini” dan yang mereka ingat adalah nama anda? Dengan blog dan strategi yang tepat anda dapat memberitahu semua orang di dunia (yang terhubung ke dalam jaringan internet, tentunya) apa keahlian anda dan mengapa mereka harus menghubungi anda ketika mereka teringat akan satu masalah yang harus diselesaikan.
3. Markas Besar Di Dunia Maya
Begitu banyak tempat bersosialisasi di dunia maya dan sulit untuk memberi tahukan semuanya kepada orang sekaligus. Blog bisa anda jadikan markas besar pusat seluruh aktifitas anda di dunia maya: CV, Online portofolio, link, badge atau widget menuju situs-situs social network yang anda gunakan.
4. Media Promosi
Blog ditempatkan di jaringan internet. Dengan strategi yang tepat (SEO + SMM + Other Techniques) anda bisa mendatangkan para pengguna internet ke blog anda dan membuatnya membaca apa yang anda promosikan.
5. Mendapatkan Relasi Baru
Sudah menjadi sifatnya bahwa manusia selalu mencari manusia lain yang memiliki ketertarikan sama. Buat blog tentang topik yang anda minati, dan pengunjung yang memiliki topik yang sama dengan anda pun akan mendatangi anda. Mereka bisa mengomentari post di blog anda dan bisa membalasnya. Terjadi conversation disana, dan membuka peluang untuk terjadinya hubungan.
Tips: Buat tulisan yang bermanfaat (lebih baik jika menginspirasi) dan letakkan link facebook profile anda. Orang akan berbondong- bondong meng-add anda di facebook .
6. Mendapatkan Penghasilan
Well, sudah banyak yang tahu kan? ada dua cara mendapatkan penghasilan dari internet:
a. Direct Income – Blog anda memang menjadi ‘sumber uang’ anda. Anda update konten dengan entri berkualitas, perbesar tingkat kunjungan visitor ke blog anda, lakukan monetisasi. Bisa dengan menjual spot banner, Service Pay-Per-Click, Pay-Per-Post, Paid-To-Review, buat review tentang produk yang diafiliasikan, atau mungkin langsung menjual produk di blog anda, dll.
b. Indirect Income – Blog anda gunakan sebagai media promosi bisnis anda dan diri anda. Visitor datang ke blog anda lalu terkesima dengan diri anda dan portofolio anda, kemudian mereka akan menghubungi anda untuk deal bisnis selanjutnya.
7. Stress Release, Emotion Release
Terkadang kita hanya ingin melampiaskan apa yang kita rasakan. Terkadang kejenuhan dan terkadang kebahagiaan. Lebih mengasyikan lagi jika ada yang merespons apa yang kita rasakan. Dan blog memfasilitasi hal tersebut. Tapi selalu ingat aturan emasnya. Jangan berlebihan. Jangan sampai kasus kehilangan pekerjaan dan kejadian tidak diinginkan lainnya terjadi hanya karena anda berlebihan dalam mengekspresikan diri.
8. Media Memberi atau Media Sharing
Terkadang kita hanya ingin berbagi apa yang kita ketahui, berbagi kebaikan, berbagi ilmu atau berbagi pengetahuan. Jika yang anda ingin share kepada orang lain bisa di fasilitasi dengan text, graphic, video, audio, presentasi, dll. Blog bisa memfasilitasi hasrat berbagi anda.
9. Jurnal Catatan Kehidupan Anda
Catat semua yang anda rasakan dan publikasikan di blog anda. Suatu hari di kehidupan anda kelak, baca kembali apa yang sudah anda tulis. Kebanyakan orang tertawa ketika membaca apa yang mereka tulis dahulu.
10. Mendapatkan Feedback Atas Apa Yang Anda Rasakan
Mayoritas blog memiliki fitur komentar di setiap artikelnya. Hal ini memfasilitasi orang untuk memberi respons terhadap apa yang anda tulis. Pendapat orang lain merupakan salah satu hal yang berharga dalam hidup.
11. Public Relation Yang Lebih Humanis
Jika anda bertujuan mempromosikan bisnis atau korporasi – corporate blogging, salah satu karakteristik blog adalah personal point of view yang menjadikan blog lebih humanis sehingga pengunjung merasa lebih ‘nyaman’




D.    KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BLOG

 Kelebihan :

1. Terintegrasi dengan Google Account. Jika anda memiliki account di gmail   atau Google reader, otomatis anda sudah memiliki account blogger.com.
2. Proses Sign Up yang mudah.
3. Bisa memasang script AdSense.
4. Panel Kontrol yang sangat sederhana dan mudah dimengerti.
5. Tersedia navigasi dalam bahasa Indonesia.
6. File CSSnya dapat diedit.
7. Navigasi admin sederhana, dan mudah dimengerti : posting, Pengaturan,      Tata Letak
8. Ada widget untuk polling
9. Bisa memiliki banyak blog dalam satu account

Kekurangan:
1. Tampilan dashboard terlalu sederhana.
2. Pilihan template bawaan terlalu sedikit, sehingga banyak blog dengan tampilan sejenis.
3. Jika pengunjung hendak memberikan komentar, pengunjung perlu membuka halaman baru. Ini cukup menjengkelkan.
4. Tidak bisa melihat statistik pengunjung, jumlah pengunjung, search term yang mereka pakai, dari mana mereka berasal, dan berbagai statistik lain. ( kecuali anda memasang script tracker Google Analytics di widget anda).


E.     CARA MEMBUAT BLOG

1.      Pertama untuk memulai membuat blog silahkan untuk mengenjungi situs blogger.com. Setelah halamannya terbuka, silahkan anda cari tombol Sign Up di pojok kanan atas seperti contoh gambar dibawah ini.
2.      Kedua, kalau sudah di klik terus muncul form seperti gambar di bawah ini.
Name   : Isi dengan nama anda.
Choose Your Username : Isikan username pilihan anda, ini nanti juga          dibuat menjadi alamat email anda.
Birthday : Isi tanggal lahir, bulan dan tahun anda.
Gender            : Kalau anda pria pilih yang male, kalau anda wanita pilih sebaliknya yakni yang female. Kalau anda masih belum yakin dengan gender anda, anda bisa memilih other hehehehe.
Mobile Phone: Isikan no handphone anda, nanti untuk dibuat verifikasi akun anda.
Your Current Email Address: Di kosongi juga tidak apa-apa.
Lalu isi kode verifikasi seperti gambar diatas, kemudian centang untuk menyutujui pembuatan akun tersebut.
Kemudian tekan tombol next step.
3. Kemudian akan muncul gambar seperti dibawah ini, anda lewati saja dengan menekan tombol next step. Untuk mengunggah foto di akhir tahap juga bisa.


4. Kemudian muncul seperti gambar dibawah ini, langsung saja anda klik Back to Blogger.

NB: akhirrudinblog@gmail.com itu untuk masuk kedalam akun kita, jadi jangan sampai lupa dengan alamat email anda sendiri.




Jika anda melihat gambar seperti dibawah ini abaikan saja, untuk mempercepat proses pembuatan blog tersebut. Langsung saja untuk klik tombol Lanjutkan ke blogger.
5. Jika sudah menekan tombol lanjutkan ke blogger, anda akan masuk kedalam tampilan utama pada blogger. Di situ anda bisa melakukan apa saja untuk blog anda. Langsung saja membuat blog klik new blog atau blog baru seperti gambar di bawah ini.

6. Setelah memilih tombol new blog atau blog baru tadi, akan dibawa menuju halaman blog. Kemudian isi title atau judul blog dengan keinginan anda. Pada bagian address atau alamat, anda bisa mengisi alamat tersebut dengan keinginan anda, kalau sudah pilih template atau tema kesukaan anda. Contoh seperti gambar dibawah ini, jika sudah klik tombol create blog atau buat blog.

7. Selamat blog anda sudah berhasil di buat. Untuk mengisi artikel di blog anda, anda bisa mengeklik tombol gambar pensil seperti gambar dibawah ini.


F.     PROSES PENYIMPANAN / PUBLISH
a.      Cara Memposting File Ms. Power Point
1.      Kunjungi http://www.slideshare.net/upload lalu Anda LogIn dahulu. Anda bisa login menggunakan akun Facebook Anda  Klik "Upload" Pilih file Power Point yang akan Anda posting ke blog.

2.    Pilih dan tunggu hingga proses upload selesai.
3.    Copy kode “Embed” yang ada disamping file.
4.  Setelah kode tersebut di-Copy, sekarang Anda login ke akun blog Anda.
5.    Setelah itu klik Entri Baru, pindahkan ke mode HTML.
6.    Kemudian jangan lupa Terbitkan Entri.
Keterangan :
Ini mempunyai kelemahan, yaitu slide show yang ada di Microsoft Office Power Point tidak akan muncul pada postingan kita.

b.      Cara Memposting File Ms. Word, Excel  :

Langkah 1 : upload file ke google docs.
1.      Silahkan login ke http://docs.google.com dengan account gmail anda.
2.      Klik tab Upload yang berada di sebelah kiri atas layar monitor anda.
3.      Klik tombol browse… di bawah tulisan Browse your computer to select a file to upload:
4.      Masukan file yang ingin anda upload (word, excel, power point).
5.      Klik tombol Upload File yang ada di sebelah bawahnya.
6.      Tunggu beberapa saat sampai file anda terupload semuanya (tergantung dari besarnya file           serta kecepatan koneksi anda).
7.      Jika sudah ter_upload, anda bisa mengeditnya jika mau.
8.      Klik tab publish yang ada di sebelah kanan atas layar monitor anda, maka akan keluar tulisan “Thisdocument is not yet published”.
9.      Klik tombol publish now yang ada di bawahnya.
10.  Jika sudah selesai, lihat kembali ke bagian bawahnya!
11.  Klik link bertuliskan More publishing options.
12.  Setelah keluar window pop up, klik menu drop down di sebelah tulisan File format kemudian pilihHTML to embed a webpage.
13.  Klik tombol Generate URL.
14.  Copy kode HTMl yang di berikan, lalu paste pada notepad atau text editor lainnya.
15.  Silahkan di close saja window nya.
16.  Silahkan anda sign out dari google docs jika mau.
17.  Selesai.

Langkah 2 : posting kode google docs ke blogger.

1.      Silahkan login ke blog dengan ID anda.
2.      Klik Posting Baru.
3.      Silahkan anda buat postingan yang anda inginkan.
4.      Ketika anda mau menyisipkan kode yang dari google docs, klik terlebih dahulu tab Edit HTML ( jangan yang compose)
5.      Paste kode google docs yang ada di notepad tadi pada tempat yang anda inginkan.
6.      Klik Tombol MEMPUBLIKASIKAN POSTING.
7.      Silahkan lihat hasilnya.
8.      Selesai.

SOURCES     :
(IT for Teaching English www.mahendrapuji.com).


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar